About Environment

Minggu, 09 November 2014

MERUBAH DARI SAMPAH ADI BERKAH

Pemicu terjadinya bencana di suatu daerah tak lepas dari peran makhluk hidup yang ada di daerah tersebut. Conth bencana yang ada kaitannya dengan makhuk hidup adalah banjir, kebakaran hutan, longsor dan lain sebagainya.Makhuk  hidup adalah suatu pihak yang selalu memanfaatkan lngkungan hidup yang ada disekitarnya baik dalam respirasi atau memenuhi kebutuhan hidup meraka. An manusialah yang berpengaruh penting dalam perubahan alam akibat penggunaan alam yang berlebihan.Bagaimana cara kita agar kebutuhan hidup terpenuhi tanpa memanfaatkan alam secara berlebihan.Salah satunya dengan cara 3R (Reuse, Reduce, Recycle), yang dimana kita benar benar bisa memanfaatkan apa yang ada secara maksimal dan efisien. 

Dan itu dilakukan juga di sekolah kami yaitu SMP Negeri 10 Malang.Dalam upaya menjaga kestabilan alam kita mulai dari hal yang kecil, kita melakukan hal itu dimulai dari diri kita sendiri denga cara merubah mindset kita atau merubah pola pikir kita terhadap lingkungan. Di sekolah kami ada sebuah kegiatan untuk mengolah, memanfaatkan sampah yang layak digunakan menjadi lebih dari sampah. Nama kegiatan itu yaitu Daur Ulang, kegiatan tersebut memiliki prinsip 3R kegiatan tersebut siswa diajarkan untuk mengolah botol dan gelas plastic yang masih layak menjadi lebih berguna dilain botol dan gelas plastic juga ada pemanfaatan plastic bungkus kopi dan detergent dimanfaatan menjadi tas dan masih banyak pengolahan lainnya.

Diluar kegiatan tersebut SMP Negeri 10 Malang memiliki BSS (Bank Sampah Sekolah) yang bekerja sama dengan BSM (Bank Sampah Malang). BSS ini mengumpulkan sampah an organic. Sampah an organic adalah sampah yang susah diurai mungkin dapat terurai dala jangka waktu yang lama bahkan hingga ratusan tahun. BSS beroperasi setiap hari sabtu, pada hari itu setiap kelas mengumpulkan sampah plastic atau lain sebagainya ke BSS untuk ditimbangkan yang akan menghasilkan uang yang dibagikan pada ahkir ajaran yang mana mungkin uang tersebut masuk kas kelas yang dapat digunakan sebagai acara perpisahan kelas.

Pada hari sampah, kader lingkungan sekolah kami melakukan sosiaisasi yang ditujukan pada penjual dan pembeli di pasar tradisional, kita menghimbau ibu-ibu yang berbelanja di pasar tradisioal unuk membawa keranjang yang bertujuan agar tidak memakai plastic untuk membungkus bahan belanjaan dari hal tersebut kita dapat mengurangi sampah plastic yang dapat mencemari lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar